Mengenal Alat Cukur Rambut Secara Umum

Alat cukur rambut rasanya kini sudah tidak bisa lagi dijauhkan dari bagian kehidupan manusia, mulai dari yang manual hingga elektrik. Di zaman sekarang tak hanya perkembangan teknologi populer saja. Melainkan perkembangan pada alat cukur rambut juga sudah dapat dirasakan.

Sejarah Alat Cukur

Alat cukur sudah ada sejak awal dari peradaban manusia. Pada masa itu, alat cukur berupa kerang dan batu. Budaya ini dapat ditemukan dengan melihat gaya cukur di mesir kuno, mulai dari potongan rambutnya serta jenggotnya.

Hal itu diperkuat dengan sebuah penemuan alat cukur terbuat dari perunggu yang ditemukan oleh arkeolog. Dalam bahasa romawi hal ini disebut dengan ‘barba’ sebuah kata yang menjadi rujukan awal barber yang kita kenal sekarang ini.

Pada masa sekarang, sudah ditemukannya pisau cukur yang aman seperti, clipper, gunting, razor dan lainnya. Safety razor baru ditemukan tahun 1762 oleh Jean Jacques Perret seorang tukang cukur profesional di masa itu.

Alat Cukur Rambut Clipper

alat cukur rambut

Hair clipper adalah sebuah alat cukur yang memiliki berbagai macam ukuran dengan fungsi mempermudah dalam pemotongan agar simetris serta rapi tentunya. Pemakaian hair clipper bisa dibilang sangat efisien karena menggunakan sistem charge untuk powernya.

Selain itu, juga mempunyai sepasang bilah pisau menyerupai sisir tajam yang saling berhadap-hadapan agar bisa mencukur rambut. Alat ini bekerja dengan cara bergerak serta mencepot rambut sehingga bisa memotong dengan simetris.

Hair clipper listrik pertama kali ditemukan atau diciptakan pada tahun 1921 oleh Leo J. Wahl. Pada awalnya alat ini digunakan untuk memotong bulu domba. Namun seiring perkembangan zaman, masa ke masa hair clipper kini menjadi satu alat mencukur rambut.

Alat Cukur Rambut Gunting

Gunting didesain dengan mata pisau yang berbeda – beda disesuaikan dengan kebutuhan. Gunting digunakan di berbagai macam teknik pemotongan seperti, sliding, blunt cutting, menipiskan, serta membuat tekstur.

Selain gunting dengan dengan pinggiran lurus, ada pula gunting yang berbentuk tipis serta bergerigi. Jenis ini digunakan untuk menipiskan rambut tebal dan penggunaanya khusus pada rambut dengan model keriting atau ikal.

Gunting tipis memiliki dua macam jenis, yaitu dengan dua mata pisau dan satu mata pisau. Jenis yang bergerigi dua lebih efisien dibandingkan dengan mata satu, ini dikarenakan proses memotong lebih banyak rambut dibandingkan dengan gunting satu mata pisau.

Alat Cukur Rambut Razor

Razor atau pisau cukur, digunakan untuk memotong rambut bagian yang tebal serta menipiskan ujung-ujungnya pada saat proses pemotongan. Alat ini sangat cocok difungsikan dalam membuat tekstur. Ada beberapa metode yang bisa dipakai pada razor yaitu, terbuka, pengaman dan shaper.

Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan razor yaitu, pastikan rambut harus selalu dalam keadaan basah. Ini ditujukan agar razor dapat memotong rambut dengan tepat serta tidak melukai kulit kepala.

Selain itu, pastikan razor atau pisau cukur dalam keadaan tajam. Diera sekarang, pemakaian razor sudah lebih fleksibel, salah satu alasannya yaitu jenis ini dapat diganti berkali-kali, khususnya pada saat mencukur rambut pada bagian garis dasar (baseline).

Perbandingan Alat Cukur Rambut Elektrik Vs Manual

Alat cukur elektrik seperti hair clipper yang digerakkan oleh motor listrik memanglah cukup efisien penggunaannya untuk masa kini. Namun hal itu tak membuat alat cukur manual menjadi ditinggalkan. Hal itu dikarenakan keduanya memiliki fungsi yang berbeda san sesuai dengan kebutuhan pengguna. Itulah tadi pembahasan mengenai alat cukur rambut, mulai dari perkembangannya hingga jenis-jenisnya. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.