5 Kreasi Unik Makanan Berbahan Santan Yang Gurih Dan Nikmat

Siapa yang tidak mengenal santan? Bahan makanan yang terbuat dari perasan kelapa parut ini memang umum dikonsumsi sebagai bahan dalam pembuatan aneka makanan dan minuman lezat. Selain itu, tentunya santan tak melulu hanya sebatas untuk olahan manis saja, melainkan juga makanannya yang gurih dan lezat. Untuk kamu yang penasaran apa saja kreasi olahan berbahan santan, berikut lima daftarnya.

1. Steamed mussels With Thai-style coconut-curry broth

Olahan yang satu ini cocok dinikmati oleh kamu yang gemar mengonsumsi makanan seafood. Kerang yang telah direbus hingga terbuka cangkangnya ini kemudian akan dipadukan dengan kuah yang berisi aneka rempah. Kuah tersebut beberapa di antaranya berisikan santan dan kaldu kari.

2. Thai-style cod à la nage with coconut milk, lime, and lemongrass

Dari tampilannya saja sudah dapat ditebak dari bahan apa dibuatnya. Menu ini memang menggunakan bahan-bahan seperti irisan cabai, perasan lemon, kecap ikan, jahe, dan santan tentunya. Bahan utama dalam menu ini sudah tentu ikan cod yang sudah diolah hingga memiliki tekstur sangat lembut.

3. Red coconut curry popcorn

Tak seperti jenis popcorn lainnya yang lebih banyak menggunakan mentega sebagai salah satu bahan pembuatannya, menu ini berbeda. Popcorn berwarna kemerahan ini terbuat dari kari yang dipadukan dengan santan sebelum akhirnya dicampurkan dengan popcorn gurih. Tentunya cocok dijadikan menu camilan.

4. Vegan peanut, sweet potato, and kale soup with coconut

Menu vegan yang satu ini dirasa sangat cocok untuk kamu yang tertarik mencicipi menu agak berat. Olahan yang berisikan banyak sayuran, seperti kale, bahkan hingga ubi ini memang sangat memanjakan lidah. Tak sampai di situ, campuran saus kacang dan santan pun semakin memanjakan lidah.

5. Coconut curry dipping sauce
Coconut curry dipping sauce
Tak seperti menu lainnya yang berupa makanan berat. Untuk menu yang satu ini dapat dijadikan inspirasi saus untuk menu pangsitmu. Saus ini sebenarnya berisikan santan dan pasta kari yang dipadukan dengan bahan-bahan pelengkap, seperti perasan jeruk nipis, saus ikan, madu, jahe, dan kecap asin. Tentunya sangat menggugah selera.

Nah, beberapa kreasi olahan gurih berbahan santan di atas semoga dapat membantumu dalam mencari inspirasi memasak yang mudah dengan menggunakan santan. Mana yang paling terlihat menggoda?

Posting Komentar

0 Komentar