5 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Sebabkan Sering Buang Agin

Makanan dan minuman penyebab sering kentut tentu harus diperhatikan jumlah konsumsinya. Hal tersebut menjadi perlu agar tidak mengganggu setiap aktivitas yang Anda lakukan di setiap harinya. Kentut memanglah suatu hal yang tergolong normal dan juga sehat dan tak perlu dikhawatirkan.
5 Makanan Dan Minuman Yang Dapat Sebabkan Sering Buang Agin
Penelitian menunjukkan bahwa pada orang sehat dengan usia 21-59 tahun akan membuang angin atau kentut sebanyak 10 kali di setiap harinya. Gas yang keluar dari kentut adalah sisa kotoran proses pencernaan dari dalam tubuh, dan apabila tidak dikeluarkan maka gas akan diserap lagi oleh tubuh Anda. Agar tak mengganggu kegiatan yang sedang dilakukan, maka jumlah konsumsi terhadap makanan penyebab sering kentut ini perlu menjadi perhatian Anda.

Makanan penyebab sering kentut merupakan makanan dengan kandungan tepung berlebih, tinggi serat dan juga gula. Dengan merubah pola gaya hidup dan memperhatikan jumlah konsumsi makanan, maka kondisi sering kentut ini akan dapat hilang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 5 makanan dan minuman penyebab sering kentut yang harus diperhatikan jumlah konsumsinya.

Buah Tinggi Gula Alami

Makanan penyebab sering kentut yang pertama adalah buah-buahan yang kaya akan kandungan gula alami seperti fruktosa. Hal tersebut mampu membuat buah seperti apel, pisang juga pir akan membuat Anda sering mengalami kentut.

Beberapa orang akan mengalami rasa kembung yang disebabkan oleh buah karena sistem pencernaannya tidak memecah semua gula yang terkandung dalam buah dengan baik. Buah-buahan yang akan memungkinkan Anda untuk mengalami sering kentut adalah pusang, apel, kismis, pir dan buah persik.

Sayuran Antara Lain Kembang Kol dan Brokoli

Sayuran seperti kembang kol dan brokoli merupakan makanan penyebab kentut selanjutnya. Hal itu disebabkan karena kedua sayuran ini mengandung serat yang begitu tinggi. Tak sama dengan komponen makanan lain, serat akan mencapai usus besar dalam kondisi yang utuh, dan bakteri di saluran pencernaan sebagian besar hidup di usus besar Anda. Nah bakteri tersebut mempunyai kapasitas guna memanfaatkan serat untuk energi, namun produk sampingan dari metabolismenya yakni gas.

Susu Beserta Olahannya

Makanan dan minuman penyebab kentut selanjutnya adalah susu beserta produk olahannya. Kandungan gula yang biasa disebut dengan laktosa terdapat dalam produk susu, ini merupakan salah satu yang sulit untuk dicerna dalam pencernaan jika tubuh tak memiliki enzim laktase cukup guna mencerna. Produk susu seperti es krim dan keju banyak mengandung laktosa yang dapat membuat produk gas dalam tubuh Anda meningkat pula.

Gandum Utuh

Makanan penyebab sering kentut lainnya adalah gandum utuh. Memiliki kandungan serat yang tinggi seperti brokoli, gandum utuh juga dapat menyebabkan produksi gas secara berlebih di bagian saluran pencernaan Anda. Hal tersebut lantaran oat memiliki kandungan gula rafinosa, pati, serta serat larut yang begitu tinggi.

Namun, jangan sampai Anda menghindari makanan-makanan yang tinggi serat karena sangat baik untuk jantung, berat badan serta pencernaan Anda. Perlu diperhatikan saat Anda memakan serat, kunyahlah secara perlahan hingga perut terasa nyaman.

Minuman dengan Kandungan Karbonasi

Minuman dengan kandungan karboonasi dapat memicu gas karena membuat Anda akan menelan banyak udara. Kondisi ini akan membuat Anda akan menjadi sering kentut, akibat banyaknya udara yang masuk dan terjebak di dalam saluran pencernaan.

Minuman soda yang tak mengandung pemanis artifisial seperti sorbitol bisa jadi pilihan Anda ketika ingin meminum soda karena akan difermentasi oleh bakteri dan tidak sepenuhnya diserap oleh tubuh. Inilah yang membuatnya menjadi salah satu minuman penyebab sering kentut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.