Efek Dan Bahaya Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Hilangkan Jerawat

Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan jerawat. Namun, salah satu yang banyak dilirik adalah menggunakan bahan alami, seperti jeruk nipis. Selain bisa menghilangkan jerawat yang meradang, jeruk nipis juga kabarnya bisa menghilangkan bekas jerawat. Namun, benarkah demikian?

Melansir Healthline, buah yang berbentuk bulat hijau dengan rasa yang sangat asam ini kaya akan kandungan vitamin C. Berkat kandungan vitamin C itulah, jeruk nipis dipercaya bisa memperbaiki kesehatan kulit dan membuat kulit tampak lebih kencang serta kenyal.
Efek Dan Bahaya Menggunakan Jeruk Nipis Untuk Hilangkan Jerawat
Hal ini bahkan dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Journal of Clinical Nutrition. Dalam penelitian itu disebutkan bahwa peserta yang mengonsumsi vitamin C, terbukti memiliki risiko lebih rendah mengalami keriput dan kekeringan kulit saat menua.

Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menemukan fakta bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung jeruk berdampak positif pada kulit. Selain itu, mengonsumsi minuman jeruk juga bisa mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis ternyata tidak disarankan

Meski banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat jeruk nipis untuk kesehatan kulit, namun sayangnya belum ada studi atau penelitian yang berhasil membuktikan manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Karena itulah, jika memang belum terbukti secara ilmiah sebaiknya jangan mencoba menggunakan jeruk nipis sebagai cara untuk menghilangkan jerawat.

Seorang dokter kulit dari Amerika Serikat, Joshua Zeichner, bahkan menyebut bahwa penggunaan produk atau bahan alami (yang mengandung asam) pada kulit, justru tidak aman karena bisa mengiritasi kulit. Apalagi jika bahan alami itu diaplikasikan pada jerawat yang sedang meradang atau digosok secara kasar, kata Joshua Zeichner saat diwawancarai Allure.

Efek samping mengoleskan jeruk nipis pada kulit

Ilustrasi perempuan sedang memperhatikan jerawat. Foto: Shutterstock
Jika Anda tetap mencoba menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan jerawat, kabarnya kulit bisa mengalami beberapa masalah yang tak diinginkan. Apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif yang sangat mudah mengalami iritasi.

Melansir Medical News Today, jeruk nipis mengandung asam sitrat (bahan yang memberi rasa kuat dan asam) yang bisa menyebabkan beberapa reaksi jika diaplikasikan langsung pada kulit. Beberapa masalah bisa muncul akibat penggunaan jeruk nipis pada kulit di antaranya adalah kulit jadi kering, terbakar, gatal, hingga kemerahan. Selain itu, penggunaan jeruk nipis pada kulit juga bisa menyebabkan hiperpigmentasi (kondisi kulit yang jadi lebih gelap akibat produksi melanin yang berlebih).

Dengan beberapa efek samping itu, sebaiknya hindarilah menggunakan jeruk nipis secara langsung pada kulit untuk menghilangkan jerawat. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari jeruk nipis, sebaiknya gunakanlah dalam bentuk ekstrak yang telah diolah menjadi lotion atau produk lainnya. Atau Anda juga bisa langsung meminum jeruk nipis untuk mendapatkan manfaatnya pada kesehatan tubuh.

Posting Komentar

0 Komentar