Jika Rencana Tak Sesuai Harapan Hindari 5 Hal Ini Untuk Dilakukan

Pada dasarnya, hampir semua orang ingin rencana yang dibuatnya berjalan sempurna sesuai harapan. Namun jika kita melihat kembali kenyataan yang sudah terjadi, bukankah terkadang tak semua rencana bisa berjalan sesuai harapan?
Jika Rencana Tak Sesuai Harapan Hindari 5 Hal Ini Untuk Dilakukan
Ya, ini adalah hal penting yang perlu disadari agar tidak menimbulkan kekecewaan yang berlebihan. Oleh karena itu, ada lima hal buruk yang tidak boleh kamu lakukan saat rencanamu tidak berjalan sesuai harapan. Yuk kita simak!

1. Menyalahkan diri sendiri dan orang lain

Sikap ini terkadang dilakukan tanpa sadar akibat rasa kecewa dan frustrasi terhadap keadaan yang terjadi. Ya, perlu disadari kalau sikap menyalahkan diri sendiri maupun orang lain hanya akan memperburuk situasi dan kondisi yang sedang dialami.

Sesungguhnya cukup wajar dan manusiawi jika sikap ini terkadang muncul ketika rencana tak sesuai harapan. Tapi, ingatlah bahwa bagaimanapun hanya kamu yang memegang kendali penuh atas sikapmu terhadap hal tersebut. Jadi, alangkah baiknya jika sikap menyalahkan tersebut bisa diganti menjadi sikap lain yang lebih positif dan bermanfaat. Setuju?

2. Membiarkan dirimu terus larut dalam penyesalan yang tak ada ujungnya

Penyesalan membuat kita merasakan suatu perasaan menyakitkan yang tentu tidak pernah diinginkan. Namun, jika ternyata perasaan menyesal itu malah muncul dalam kehidupan kita, apa hal terbaik yang bisa dilakukan?

Sadari bahwa penyesalan yang dirasakan bisa saja tak ada ujungnya jika kita tak berhenti untuk menyesalinya. Ya, kamu tentu boleh sesekali membiarkan diri merenung atas hal-hal yang membuat diri menyesal. Tapi, ingatlah untuk tidak terlalu lama larut dalam penyesalan tersebut. Sebab, kamu berhak untuk bangkit dan mengarahkan hidupmu ke arah yang lebih baik dan positif.

3. Terus membuat harapan baru yang tidak realistis

Saat rencana tidak sesuai harapan, kamu mungkin akan segera berpikir untuk membuat rencana baru demi mengganti rencana lama. Tapi ada satu hal penting yang juga perlu diingat dengan baik, yakni realistis atau tidak realistisnya rencana baru tersebut.

Hal ini penting demi menghindari kegagalan beruntun akibat rencana dan persiapan yang kurang matang. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam membuat rencana baru. Tenangkan dirimu dulu, setelah itu fokuslah untuk membuat rencana baru yang lebih berpotensi untuk berhasil.

4. Selalu mengabaikan suara hati terdalam yang mungkin perlu didengar

Dalam situasi yang penuh ketidakpastian seperti ketika rencana tak berjalan sesuai harapan, terkadang kita menjadi kalut dan bingung harus bagaimana. Tenang, salah satu cara yang bisa kamu coba adalah diam sejenak dan dengarkan suara hatimu yang paling dalam.

Di tengah-tengah situasi tersebut, mungkin suara hati terdalam ingin menyadarkan kita bahwa ada hal-hal yang mungkin selama ini tidak disadari sehingga penyebab masalah tidak pernah ditemukan. Biarkan pikiran dan hatimu hening sejenak agar mampu memandang masalah dengan bijak dan jernih.

5. Tergoda dengan hal-hal yang kelihatan baik namun sebenarnya bisa memperburuk keadaan

Sekali lagi, rencana yang tak berjalan sesuai harapan sangat mungkin membuat kita tidak berpikir dengan matang sebelum bertindak. Akibatnya, godaan untuk melakukan hal-hal buruk bisa kapan saja muncul dan terjadi. Ya, hal-hal buruk tersebut malah terlihat sebagai hal-hal yang 'baik' yang perlu dilakukan. Jangan terjebak dengan hal ini, tetap tenang dan fokus agar kamu bisa menghindari jebakan tersebut.

Jadi, jangan pernah lakukan lima hal buruk di atas saat rencanamu tidak berjalan sesuai harapan. Tetap semangat dan semoga ke depannya rencanamu bisa berhasil dengan baik, ya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.