Seorang INFP Biasa Punya 7 Sifat Atau Karakter Berikut

INFP adalah salah satu dari enam belas kepribadian yang dikategorikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving (INFP) merupakan karakter yang sangat idealis dan selalu mencari kebaikan dari setiap kejadian. William Shakespeare, Kurt Cobain dan Johnny Depp adalah sederet tokoh yang berkarakter INFP.

Independen, kreatif, dan senang mengeksplorasi adalah ciri khas seorang INFP. Selain itu, terdapat beberapa sifat dan karakter yang juga dimiliki oleh seorang INFP. Yuk, cari tahu apa saja di bawah ini!
Seorang INFP Biasa Punya 7 Sifat Atau Karakter Berikut
1. Keaslian adalah hal yang sangat utama

Seorang pribadi INFP akan merasa dirinya hanyalah manusia biasa sama seperti orang lain. Berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirinya sendiri adalah hal yang paling dia benci. Integritas diri adalah hal yang sangat dijunjung tinggi sehingga dia lebih memilih untuk menampilkan diri apa adanya di hadapan orang lain, atau teman-temannya. Dia ingin dicintai atas apa adanya dirinya, bukan karena memanipulasi diri di depan orang lain.

2. Suka mengkhayal atau berimajinasi

Memikirkan hal-hal dan mengikuti alur pikirannya sendiri adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. INFP adalah seorang pelamun klasik yang menyukai alam pikiran melebihi apa pun. Bagi mereka berkhayal adalah kegiatan yang bisa dengan mudah dilakukan dengan gratis. Oleh karenanya, mereka tidak perlu alasan lain untuk bisa menyesuaikan diri dengan ekspektasi orang lain.

3. Di luar terlihat fleksibel namun aslinya teguh pendirian

Saat bersama dengan orang lain, teman atau lingkungan dia akan terlihat sangat santai dan siap melakukan apa pun. Tetapi aslinya dia adalah seseorang yang sangat menjunjung tinggi keyakinan, etika, mimpi dan cita-citanya. Dia akan berpegang teguh terhadap hal tersebut dan tidak akan pernah bisa digoyahkan oleh apa pun. Berjuang demi tujuan hidupnya adalah hal yang juga tidak dapat dikompromikan.

4. Bisa merasakan perasaan orang lain dengan mudah

Seorang INFP mungkin akan terlihat lebih dewasa dibanding usia sebenarnya. Sejak kecil, mereka mampu merasakan hal yang dirasakan oleh orang lain. Mereka memiliki empati yang tinggi dan bisa menempatkan diri berada di posisi orang lain.

Mereka bisa merasakan emosi seseorang bahkan ketika orang tersebut berusaha menyembunyikannya. Hal ini yang kemudian bisa membuatnya lelah karena terlalu berempati dan membutuhkan waktu untuk menyendiri.

5. Haus akan kebebasan, ketegasan dan penerimaan

Kebebasan adalah hal penting dan menjadi prioritas bagi seorang INFP. Tidak boleh ada yang mengungkung dalam batas-batas aturan yang dibuat oleh orang lain. INFP sering tenggelam dalam kebebasannya dalam mendapatkan sensasi berpetualang ke tempat atau situasi baru. Mereka suka mengikuti imajinasi dan intuisi yang mereka punya. Satu hal yang juga penting adalah mereka sangat menyukai ketika orang lain menerima mereka apa adanya.

6. Saat sedang stres mereka terkesan berhenti jadi orang baik

Dalam kasus stres berat, mereka akan sering merasa sangat sarkastik, sinis dan benar-benar berbeda. Bahkan bisa menjadi di luar kendali dan pemikiran yang ada sangat bertentangan dengan perasaan sebenarnya. Hal ini yang kadang sangat membingungkan bagi seorang INFP. Ini terjadi di luar kendali diri dan mungkin akan sangat sulit bagi mereka sendiri untuk bisa menerimanya.

7. Sangat tidak menyukai menyesuaikan diri

Menyesuaikan diri yang dimaksud bisa dalam berbagai macam situasi dan kondisi. Misalkan sewaktu masih kecil dulu ibu sering berkata “Tidak boleh ngomong seperti itu ke orang yang lebih tua”, “Jangan pakai celana ini kalau bajunya itu”, “Coba tolong ke rumah Paman antarkan ini”.

Hal-hal sederhana seperti itu sangat tidak disukai oleh mereka, sekali pun mereka sangat ingin menyenangkan orang lain. Hal ini dikarenakan mereka punya nilai dan kebebasan sendiri yang tidak dimengerti oleh orang lain.

Nah, itulah dia tujuh sifat yang dimiliki oleh seorang INFP. Ada yang punya sifat seperti di atas?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.